Friday, 10 November 2017 08:52

Peringatan hari pahlawan

Written by
Rate this item
(2 votes)
 

 

Hari pahlawan 10 November

"Padamu negeri kami berjanji, padamu negeri kami berbakti, padamu negeri kami mengabdi, bagimu negeri jiwa raga kami..." Cuplikan syair lagu Padamu Negeri karya Kusbini

Syair lagu wajib nasional Padamu Negeri berkumandang dengan penuh khidmat, dinyanyikan oleh salah satu kelompok peserta lomba paduan suara yang diselenggarakan OSIS SMP al Muslim Tambun.

Dalam rangka memeringari hari pahlawan 10 Nopember hari ini, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Al Muslim Tambun mengadakan lomba paduan suara lagu-lagu wajib nasional. Lomba ini diikuti oleh delapan belas kelompok paduan suara yang merupakan perwakilan seluruh kelas. Lagu yang wajib dinyanyikan adalah Indonesia Raya disusul satu lagu pilihan yang merupakan lagu wajib nasional juga.

Seluruh siswa nampak antusias saling mendukung kelasnya masing-masing. Teriakan-teriakan menyemangati menambah suasana semakin meriah dan menyenangkan. Hari semakin siang, namun semangat seluruh siswa tidak mengendor sampai peserta terakhir tampil.

Tujuan kegiatan ini seperti dikatakan oleh salah seorang guru pembimbing, Ipu Puspita Dewi adalah mengenang jasa pahlawan, mensyukuri nikmat kemerdekaan dan semakin menumbuhkan rasa nasionalisme pada seluruh siswa di SMP Al Muslim Tambun. Dia juga mengatakan bahwa, dengan menyanyikan lagu-lagu wajib nasional, siswa dapat menghayati makna syair yang terkandung dalam lagu tersebut, apalagi pada lagu Indonesia Raya yang penuh dengan sejarah sampai menjadi lagu kebangsaan Indonesia. “lihat saja, lagu ini selalu dinyanyikan pada setiap upacara dan peristiwa bersejarah lainnya seperti ketika Indonesia menjadi juara lomba-lomba internasional”, tambahnya.

Makna hari pahlawan lainnya adalah, siswa dapat lebih mengenal sosok pahlawan bagi dirinya. Dengan mengenal sosok pahlawan, siswa dapat merasakan berbagai pengorbanan yang telah dikeluarkannya sehingga dapat meningkatkan rasa hormat dan sayang pada pahlawan pujaannya. Satu lagi proses pembelajaran yang sangat bermakna didapatkan siswa dari proses pendidikan yang dilaksanakan dii SMP Al Muslim Tambun.

Read 85 times Last modified on Friday, 10 November 2017 09:45

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.