Thursday, 13 October 2016 02:38

Studi Lapang SMP Al Muslim Ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Written by
Rate this item
(0 votes)

Kamis, 13 Oktober 2016 kelas VII SMP Al Muslim mengakan kegiatan belajar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pada pukul 06.45 WIB para siswa terlihat sangat semangat dan ceria untuk mengikuti kegiatan studi lapang ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kunjungan ini merupakan salah satu program kegiatan sekolah yang sangat ditunggu oleh siswa/i level VII. Untuk menambah dan mengembangkan wawasan, pengetahuan teknologi dan menumbuhkan ketertarikan siswa terhadap sains, lingkungan, dan rasa cinta tanah air dalam diri siswa, serta menambah rasa syukur terhadap ciptaan Allah SWT.

Tiba di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) para siswa langsung menuju ke Museum IPTEK, Siswa/i dapat mengembangkan motivasi dalam memahami prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mudah dan berkesan melalui 250 alat peraga yang bisa disentuh, dipegang dan dimainkan. Beberapa alat peraga menantang misalnya sepeda layang, roket air, try science, generator van de graft, dan simulator gempa bumi. Para siswa sangat antusias dalam belajar dan mengamati serta mendapat hal-hal baru. Tak terasa waktu berkunjung harus dilanjutkan ke Museum Air Tawar.

Di Museum Air Tawar, siswa/i dapat melihat 6.000 ekor ikan dari 126 spesies terdiri atas berbagai jenis, ukuran, yang berasal dari berbagai perairan di Indonesia maupun belahan dunia lain, meliputi tanaman air, reptilian, crustacean, dan ikan. Beberapa koleksi intimewa yang berasal dari dunia air tawar asli Indonesia antara lain Arwana / Siluk (scleropages formosus), hiu gergaji (pristis microdon), tapah (wallago Leeri), ikan sumpit, ikan buntal yang dapat menggelembung seperti balon, dan lain-lain.

Di Museum Serangga, Siswa/i diajak untuk dapat mengenal lingkungan dan ekosistemnya, salah satunya serangga. Siswa/i dapat melihat berbagai koleksi unik, seperti Kumbang Badak terbesar nomor dua di dunia, belalang daun yang tubuhnya sama dengan daun, kumbang gitar, belalang ranting, dan juga kupu-kupu tersimpan dalam kotak-kotak berbingkai. Para siswa masih penasaran dengan jenis-jenis serangga namun mereka harus melanjutkan kunjungan yang terakhir.

Yang terakhir kunjungan ke Keong Mas, siswa/i dengan antusias tapi mereka harus mengantri untuk menuju ke Keong Mas untuk menyaksikan film tentang proses pembentukan gunung berapi di dampingi dengan wali kelas masing-masing. Tak terasa waktu begitu cepat, mereka langsung pulang pukul 15.00 dan mereka kembali ke sekolah.

Read 115 times Last modified on Wednesday, 26 July 2017 07:02

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.