Thursday, 26 October 2017 05:36

QCC Kaizen with TAM-SPLD

Written by
Rate this item
(0 votes)

Ini sudah kesekian kalinya SMK al muslim mengikuti ajang bergengsi Quality Circle Convention Kaizen bersama TAM-SPLD (Toyota Astra Motor-Spare Part Logistic Division). Perusahaan tersebut memang sudah bekerja sama dengan sekolah kami sejak tahun 2013 lalu. Dan mulai tahun ini materi kaizen menjadi salah satu muatan lokal yang diajarkan ke siswa-siswa SMK al muslim.

Apa itu Kaizen? Kaizen adalah perubahan terus menerus. Kita selalu dimotivasi untuk mencari masalah-masalah yang ada di sekolah atau lingkungan sekitar dan mencari cara penanggulangan masalah tersebut. Pencarian masalah dan penanggulangannya ini tidak dilakukan dengan instan, tapi melewati 8 langkah atau tahapan yang tidak sederhana.

Lalu apa itu QCC? Setelah semua tahapan kaizen itu selesai, maka saatnya kita presentasikan hasil penelitian kita dalam sebuah konvensi yang disebut QCC yang juda merupakan ajang lomba bagi seluruh peserta. Tidak hanya presentasi hasil kaizen (theme), masih ada beberapa kategori yang dilombakan di ajang bergengsi ini. Dari lomba defille (yel-yel) setiap circle, lomba video, lomba A2 exhibition, kostum terbaik, hingga penyaji presentasi terbaik.

QCC kali ini berbeda dari yang sebelumnya. Karena inilah pertama kalinya QCC yang diperuntukkan bagi para guru dari beberapa SMK di wilayah kabupaten Bekasi. Kali ini, baru 13 SMK saja yang ikut ajang QCC yang diselenggarakan di SMK Mitra Industri MM2100, Cibitung. Ke depannya, pihak Toyota berharap, lebih banyak sekolah yang bisa mengikuti program kaizen ini.

A-hamdulillah, dalam ajang ini, SMK al muslim berhasil menjuarai 2 kategori, yaitu Juara 2 untuk kategori 'Best Theme' dan meraih gelar 'Best Presenter' atas nama ibu Sukaesih, S.Pd.

Kemenangan ini semoga tidak membuat kami puas dan berhenti belajar. Seperti makna Kaizqn itu sendiri, kami ingin selalu mengalami perubahan untuk kebaikan.

Bravo SMK al muslim.

 

Penulis: Nunung Nuraida, SS

Read 34 times Last modified on Thursday, 26 October 2017 05:44
More in this category: « SMK Al Muslim Helat Festival QCC

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.