14 November 2017
                              
 
Pada tahun pelajaran 2017-2018 ini, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTK) Kecamatan Tambun Selatan mengadakan Lomba Porseni IGTK Kec. Tambun Selatan. Lomba ini merupakan program rutin dai organisasi IGTK Kec. Tambun Selatan. Lomba yang diikuti oleh kurang lebih 3000 peserta berasal dari 150  TK se Kecamatan Tambun Selatan. Jenis kegiatan yang dilombakan adalah Lomba menari, lomba mewarnai, lomba menyanyi bersama, lomba gerak jalan, dan lomba lompat simpai.
 
    TK al muslim mengirimkan siswanya (siswa/i kelompok B)  untuk mengikuti 4 jenis lomba, yaitu lomba menari (1 kelompok), lomba gerak jalan (2 kelompok), lomba menyanyi bersama (1 kelompok), dan lomba lompat simpai (2 kelompok). 
    Dan Alhamdulillah, berkat pertolongan Allah SWT serta usaha dan kerja keras siswa dan guru pembimbing selama 1 bulan . TK al muslim berhasil mempersembahkan prestasinya. Prestasi yang kami raih adalah 
1. Juara 1 Lomba Menari dengan judul tarian :Nirmala"
2. Juara 2 Lomba Menyanyi Bersama dengan judul Lagu "Halo-halo Bandung dan Boneka Abdi"
3. Juara 1 dan 3 Lomba Gerak Jalan
4. Juara 1 dan 2 Lomba Lompat Simpai
 
Semoga kami dapat meningkatkan dan mempertahankan prestasi yang kami raih sehingga TK al muslim menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas, unggul, dan berprestasi. 
07 November 2017

Kompetisi Fisika tingkat Nasional di Universitas Indonesia segera dimulai, beberapa bulan persiapan kami mulai dari pengajuan TOR ke Yayasan Al Muslim, dan pemilihan anak – anak yang akan masuk PRF. Tim kami ambil dari kelas 5 dan 6, karena materi fisika yang diujikan adalah materi listrik, green energy dan magnet. Materi tersebut termasuk materi yang ada di kelas 5 dan 6. Proses pemilihan TiM PRF 2017 dari SD kami lakukan secara continue, siswa yang sudah mebikuti PRF tahun lalu dapat mengikuti lagi tahun berikutnya, sehingga mereka menjadi leader bagi tim yang baru.

Waktu semakin dekat, persiapan dan beberapa latihan pun harus dilajani anak – anak yang menjadi TIM PRF 2017. Mulai dari tes tulis dan eksperimen harus mereka kuasai. PRF UI merupakan agenda tahunan ulang tahun Jurusan Fisika UI dari Fakultas MIPA. Kegiatan ini merupakan kegiatan tingkat Nasional memperebutkan piala Menristek RI. Setiap tim yang kami buat harue memenuhi kriteria dan persyaratan yang diberikan panitia. Tim yang kami buat merupakan tim Funs eksperimen dan tim Cerdas cermat. Perbedaan kedua tim tersebut adalah untuk tim Funs eksperimen mereka harus menguasai percobaan listrik, green energy dn magnet yang belum tahu apa yang akan di lombakan. Kami hanya mempersiapkan dengan sebaik mungkin tim yang sudah terbentuk. Sedangkan untuk tim cerdas cermat mereka harus menguasai materi fisika, pengetahuan umum dan materi smp.

Perlombaan di selenggarakan pada Sabtu, 28 Oktober 2017, semua tim harus siap untuk mengadu dan mengasah semua yang dimiliki demi mempertahankan kemenangan yang pernah diraih. Pada PRF 2016 yang lalu kami menjadi juara I sungguh anugrah yang sangat indah bagi kami , mempoertahankan prestasi yang sudah ada itu tidaklah mudah semua memerlukan perjuangan. Perjuangan berlatih yang harus meninggalkan jam berlajar, jam istirahat dan perjuangan menembus kemacetan Jakarta. Lomba keduanya meliputi babak penyisihan, babak semi final dan babak final. Seluruh rangkaian kegiatan lomba harus mereka lalui. Menyisihkan tim dari seluruh Indonesia yang hadir pada kegiatan tersebut bukan hal yang mudah, namun semua usaha dan doa kami lakukan Alhamdulillah pada PRF 2017 ini kami tim Funs eksperimen meraih terbaik  I dan tim Cerdas cermat meraih terbaik 2. Segala yang kami raih kami berikan untuk kebanggan sekolah yaitu SD Al Muslim Tambun, Sekolah kami, tempat menuntut ilmu dan tempat bermain bersama teman – teman kami. Salam PRF 2017

 

 

With Physic We Break The Limit

By : Yuli astuti

07 November 2017

Usia anak- anak SD termasuk dalam usia pertumbuhan, mereka mempunyai  tulang dan gigi yang masih tumbuh,  sehingga memerlukan perwatan khusus. Usia tersebut jika tidak  didukung oleh peranan orangtua dan sekolah dalam menjaga kesehatan mulut dan giginya niscaya akan kurang baik, begitu sebaliknya jika perhatian orangtua dansekolah terhadap kesehatan gigi dan mulut maka pertumbuhan anak – anakakan selalu terpantau. Dalam rangka kegiatan peduli terhadap kesehatan gigi dan mulut, maka level 2 SD al muslim Tambun menyelenggarakan kegiatan GuestTeacher yang di isi oleh Dokter Gigi. Setiap siswa diharapkan dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini.

Level 2 selain melakukan kegiatan berkebun, pada hari Selasa, 17 Oktober 2017 mengadakan kegiatan Guest Teacher, dengan target mengenalkan profesi dokter gigi dan menjaga kesehatan mulut dan gigi. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Khalid bin Walid  Alhamdulillah berjalan dengan sangat baik, siswa tertib saat Dokter gigi menjelaskan bagaimana cara menggosok gigi yang benar dan bersih, kemudian merekapun praktek menggosok gigi, yang dilanjutkan dengan pemeriksaan gigi pada siswa. Sambal menunggu pemeriksaan seluruh siswa di ajak menonton film anak muslim bagaimana merawat gigi yang baik. Sungguh suatu karunia Allah yang luar biasa kita diberikan gigi yang sehat dan kuat. Rajin menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan, itulah pesan dari dikter gigi yang menjadi narasumber kami.

Kegiatan ini dilaksanakan  di aula Kholid bin Walid. Anak – anak diperkenalkan cara menggosok gigi dengan baik, dan cara merawat kesehatan gigi dan mulut. Melihat animasi film tentang Ayo Menggosok Gigi dan melakukan praktek gosok gigi. Kegiatan ini sangat menarik sehingga siswa antusias dalam memperhatikan dan melakukan seluruh rangkaian kegiatan, bahkan siswa yang dulu sangat takut terhadap dokter gigipun menjadi berani untuk diperiksa keadaan giginya.

07 November 2017

Sekolah Dasar al muslim merupakan sekolah full day yang mempunyai program unggulan green education, kegiatan pembelajaran dilakukan dengan mengajarkan kepada anak – anak peduli terhadap lingkungan dan peduli terhadap makhluk ciptaan Allah yang lain. Salah satu kegiatan yang di selenggarakn dari level 1 – 6 yaitu kegiatan LSC , level 2 melakukan kegiatan tersebut pada hari Selasa, 17 Oktober 2017 dengan tema Berkebun itu menyenangkan. Kegiatan dimulai dari halaman SD al muslim melakukan ikrar bersama, kemudian berangkat menggunakan mobil jemputan sekolah ke kebun Pekopen.

Di area yang luas untuk bermain siswa level dua melakukan kegiatan berkebun dengan tabula pot, target kegiatan tersebut adalah mengenalkan proses tanaman dari mulai biji hingga menjadi buah dan siap di konsumsi. Anak – anak melakukan sendiri dengan mengisi pot menggunakan tanah yang tercampur pupuk, kemudian memasukkan bibitnya.

Pot tersebut di bawa ke sekolah untuk di rawat bersama – sama agar dapat diamati proses pertumbuhan tanamannya. Setelah mereka menanam maka kegiatan dilanjutkan keliling kebun Pekopen dan bermain di labirin yang tersedia. Mereka senang bebas berbaur dengan alam yang Allah sediakan untuk tempat tinggal kita, bersyukur atas nikmat Allah dengan menjaga lingkungan sekitar tetap bersih dan sehat.

BSM