Fasilitas SMP Al Muslim Tambun

 

FASILITAS

LAPANGAN

Fasilitas lapangan bermain adalah sesuatu hal yang sangat penting bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah, khususnya yang berhubungan dengan ketangkasan dan pendidikan jasmani. Selain itu lapangan bermain juga dapat digunakan untuk kegiatan bermain siswa, kegiatan upacara/apel pagi, dan kegiatan perayaan/pentas seni yang memerlukan tempat yang luas. Selain itu dengan masih banyaknya pohon rindang di lingkungan pekarangan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah. Membuat lingkungan tidak terasa gersang dan menjadi lebih rindang. Dan secara tidak langsung menambah oksigen di lingkungan smp almuslim karena Oksigen adalah salah satu pendukung kecerdasan anak. Kadar oksigen yang sedikit pada manusia akan menyebabkan suplai darah ke otak menjadi lambat, padahal nutrisi yang kita makan sehari-hari disampaikan oleh darah ke seluruh tubuh kita.

 

KELAS

Diantara semua tempat di sekolah, ruang kelas merupakan tempat yang paling sering di gunakan untuk berinteraksi oleh guru dan murid. Ruang kelas yang nyaman akan sangat berpengaruh dalam suksesnya pembelajaran Di setiap ruang kelas juga dilengkapi dengan 1 set meja dan kursi guru, meja dan kursi siswa mulai dari 27-32 perkelas, 1 rak penyimpanan alat sholat dan alquran, 1 rak penyimpanan alat makan, 2 buah AC di setiap kelasnya, serta1 buah LCD yang sudah terpasang dan siap di gunakan. Disamping itu dengan mengedepankan akhlak dan akidah khusus di SMP al muslim antar putra dan putri di bedakan kelasnya.

 

RUANG MAKAN

Demi menjaga kebersihan dan efisiensi waktu kegiatan KBM maka di ciptakannya Ruang Makan.Ruang makan merupakan fasilitas sekolah yang jarang sekali di temukan di sekolah-sekolah lainnya. Setelah Sholat zuhur berjamaah , siswa-siswi berkumpul di ruang makan . Diawali dengan berdoa, kemudian mengambil makan secara prasmanan di tempat yang telah disediakan. Kembali lagi ke tempat dan siap menyantap makan siang. Usai makan, siswa-siswi SMP almuslim cuci perlengkapan makan sendiri di tempat cuci piring yang sudah disediakan dan mengeringkannya kembali.

 

RUANG KEPALA SEKOLAH

Ruang kepala sekolah merupakan bagian terdepan dari lingkungan sekolah berada di lantai 2 gedung putra bersebelahan dengan ruang guru. Ruang Kerja Kepala sekolah terbagi menjadi dua bagian yang pada bagian depan adalah ruang tamu dengan 2 set kursi tamu standart yang digabungkan menjadi satu, serta meja biro yang menjadi tempat utama kepala sekolah dalam mengelola sekolah.

 

RUANG TATA USAHA

Tata usaha sekolah adalah bagian dari unit pelaksana teknis penyelenggaraan sistem administrasi keuangan dan kesiswaan serta informasi pendidikan di sekolah. Informasi yang tata usaha sekolah kelola penting sebagai basis pelayanan dan bahan pengambilan keputusan sekolah. Semakin lengkap dan akurat data terhimpun maka pemberian pelayanan makin mudah dan pengembilan keputusan makin tepat.

 

RUANG GURU

Ruang guru merupakan salah satu bagian paling penting karena keberadaan sarana ini sangat menunjang kegiatan proses belajar mengajar serta pengambilan keputusan untuk setiap proses peningkatan kinerja guru serta karyawan.

 

RUANG TAMU

Ruang tamu ruangan yang umumnya terdapat pada bagian terdepan dari Gedung 1 SMP almuslim. Letak berdekatan dengan ruang guru jadi pada saat tamu berkunjung ke sekolah, wali guru atau walikelas lebih gampang menjamunya.

 

TEMPAT WUDHU

Dalam lingkungan SMP al muslim, di setiap lantai baik gedung putri maupun gedung putra ada Toilet sekaligus tempat wudhu. Agar siswa dan siswi SMP almuslim dapat mudah menjangkau sanitasinya.

 

RUANG MEDIA

Dalam belajar mengajar hal yang terpenting adalah proses, karena proses inilah yang menentukan tujuan belajar akan tercapai atau tidak tercapai. Ketercapaian dalam proses belajar mengajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku tersebut baik yang menyangkut perubahan bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif).Dengan adanya Ruang media yang di sertain dengan alat peraga ini sangatlah berguna dalam kegiatan KBM. Maka tradisi lisan dan tulisan dalam proses pembelajaran dapat diperkaya dengan berbagai media pembelajaran. Dengan tersedianya media pembelajaran, guru pendidik dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan metode pengajaran yang akan dipakai dalam situasi yang berlainan dan menciptakan iklim yang emosional yang sehat diantara peserta didik. Bahkan alat peraga/media pembelajaran ini selanjutnya dapat membantu guru membawa dunia luar ke dalam kelas. Dengan demikian ide yang abstrak dan asing (remote) sifatnya menjadi konkrit dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Bila alat/media pembelajaran ini dapat di fungsikan secara tepat dan proforsional, maka proses pembelajaran akan dapat berjalan efektif.

 

RUANG PERPUSTAKAAN

Penyelenggaraan perpustakaan smp memiliki tujuan utama untuk meningkatkan mutu menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, Selain hal tersebut dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat membaca dan menambah ilmu pengetahuan yang di dapat dari buku buku yang ada di Perpustakaan SMP almuslim.

 

RUANG UKS

Fungsi utama ruang UKS ini untuk memberika Pertolongan Pertama pada siswa yang mengalami gangguan kesehatan, kecelakan kecil pada saat kegiatan belajar mengajar, sehingga siswa atau orang tua merasa aman dan nyaman dengan adanya fasilitas UKS ini. Selain itu Ruang UKS ini digunakan sebagai sarana Praktek pelajaran Kesehatan bagi siswa, sehingga siswa dapat menerapkan langsung ilmu yang dipelajarinya.

 

RUANG LAB KOMPUTER

Laboratorium Komputer di SMP almuslim memiliki 30 unit komputer yang terintegrasi dengan jaringan lokal dan internet dan dilengkapi dengan AC sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan nyaman bagi peserta didik. Laboratorium Komputer digunakan mulai pukul 07.00 - 14.15 setiap harinya dengan 1 orang pendidik. Pembelajaran TIK sesuai dengan jadwal dan kurikulum yang sudah ditentukan.

 

RUANG BK

Di ruang bk siswa dan siswi smp almuslim bisa memaparkan dalam hal masalah pembelajaran maupun masalah pribadi serta membantu siswa agar dapat mencapai tujuan-tujuan perkembangan meliputi aspek pribadi, sosial, belajar dan karier. Bimbingan pribadi – sosial dimaksudkan untuk mencapai tujuan dan tugas perkembangan pribadi – sosial dalam mewujudkan pribadi yang taqwa, mandiri, dan bertanggung-jawab. Bimbingan belajar dimaksudkan untuk mencapai tujuan dan tugas perkembangan pendidikan. Bimbingan karier dimaksudkan untuk mewujudkan pribadi pekerja yang produktif.

 

AULA LANTAI 4 (GEDUNG BARU)

Dengan adanya aula di lantai 4 mempermudah siswa dan siswi smp almuslim lebih mudah untuk melakukan sholat berjamaah serta aula smp almuslim juga sudah di lengkapi dengan sound system. Disamping itu penempatan aula di lantai 4 juga bisa meminimalisir penggunaan listrik karena aula lantai4 merupakan ruang terbuka yang sejuk serta mudah masuk cahaya

 

BSM

HUBUNGI KAMI

YAYASAN AL MUSLIM TAMBUN
Jl. Raya Setu Kp. Bahagia Kabupaten Bekasi 17510

Telepon
Fax
SMS
Email

: 021 8836-2227, 021 8832-9822
: 021 8831-167
: 0857-7459-7728
:

SATUAN PENDIDIKAN

TK
SD
SMP
SMA
SMK

: 021 8831-203
: 021 8833-7004
: 021 8832-1346
: 021 8833-5907
: 021 8830-041

MAP LOKASI

MEDIA SOSIAL

Follow us & get in touch.

 

QUICK LINKS :

- News & Events

- Sumber Belajar

- BSM

- PPDB