Matematika

Sekilas Info Gugus Matematika

Pendahuluan

Matematika merupakan matapelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian siswa. Karena itu perlu disampaikan dengan metode dan penggunaan media yang tepat. Hal ini bertujuan tidak hanya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan, tetapi juga menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan, dimana siswa bisa menikmati (enjoy) proses belajar dan ilmu yang disampaikan “membekas” pada siswa, sehingga prestasi belajar siswa meningkat.

Berdasarkan pertimbangan di atas, maka Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Yayasan al muslim membentuk gugus matematika dibawah koordinasi Pusat Sumber Belajar (PSB). Jumlah anggota gugus matematika al muslim tambun 24 guru dengan rincian TK 2 orang, SD 12 orang, SMP 4 orang, SMA 4 orang dan SMK 2 orang.

Kegiatan Gugus Matematika

Gugus Matematika diketuai oleh Bapak Akhmad Syaifuddin, S.Pd yang mulai bertugas sejak Oktober 2012 sampai dengan sekarang, dengan bidang tugas utamanya sebagai wadah berkumpulnya guru-guru matematika dari unit TK, SD, SMP, SMA dan SMK al muslim Tambun dalam bertukar pikiran, wadah meningkatkan wawasan keilmuan dan teori matematika, berdiskusi bagaimana sikap yang harus dimiliki seorang pengajar matematika, wadah melatih dan menguasai konsep materi dan bahan ajar, wadah berkolaborasi dalam Lesson Study,  pandai mengolah media pembelajaran dengan tepat dan wadah meningkatkan kreatifitas guru-guru matematika, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada peningkatan prestasi belajar peserta didik.

Kegiatan yang sudah dilakukan

  • Pertemuan Rutin Gugus Matematika

Pertemuan rutin dilaksanakan setiap Sabtu pekan pertama dan ketiga sesuai jadwal. Kegiatan ini diisi dengan diskusi dan sharing seputar permasalahan pembelajaran matematika.

  • Pelatihan/Workshop dan Seminar
  1. Workshop Pembelajaran MIPA dengan metode 3M (Menyenangkan, Memuaskan dan Membekas). Sabtu, 17 Nopember 2012 bertempat di Aula Khalid bin Walid bekerjasama dengan Gugus Sain.
  2. Workshop Pengembangan Materi Ajar.  Sabtu, 5 Oktober 2013 di Ruang Media SMP al muslim. Dengan peserta kegiatan berjumlah 17 orang guru matematika. Nara sumber adalah Bapak Aris Hadiyan, M.Pd dan Ibu Dwi Antari Wijayanti, M.Pd. narasumber Dosen Matematika Universitas Negeri Jakarta (UNJ).
  3. Seminar Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Matematika. Minggu, 26 Oktober 2014 di Aula Penyiapan Tenaga Kerja Disnakertrans DKI Jakarta. Al muslim mengirimkan 4 orang guru matematika dari SD, SMP, SMA dan SMK. Nara sumber Bapak Prof. Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd  (Guru Besar UNJ).
  4. Workshop Aplikasi Saintifik dalam Pembelajaran Matematika. Sabtu, 22 Nopember 2014 di kelas matematika SMA al muslim. Nara sumber Bapak Dr. Lukman El Hakim, M.Pd dan Bapak Aris Hadiyan, M.Pd (Dosen Matematika UNJ ). Dihadirioleh 19 orang guru matematika.
  • Pengadaan Buku Sumber - Buku-buku sumber untuk pegangan dan pengembangan guru matematika ada di Perpustakaan PSB.Silahkan kepada bapak/ibu guru matematika dapat memanfaatkannya.
  • Pengadaandan Pembelian Media - Media pembelajaran matematika belum semuanya terpenuhi. Masih mengandalkan media dari masing-masing guru.Kedepan rencananya ada pemetaan media pembelajaran masing-masing guru matematika di tiap unit/sekolah, kemudian akan kita penuhi kekurangannya. Kalau media itu sudah terpenuhi, maka rencananya akan dibuatkan semacam Lab. Yang kita berinama Bengkel Matematika.
  • Pembuatan Modul - Belum terlaksana karena belum ada guru matematika menggunakan modul dalam proses belajar mengajarnya. 
BSM

HUBUNGI KAMI

YAYASAN AL MUSLIM TAMBUN
Jl. Raya Setu Kp. Bahagia Kabupaten Bekasi 17510

Telepon
Fax
SMS
Email

: 021 8836-2227, 021 8832-9822
: 021 8831-167
: 0857-7459-7728
:

SATUAN PENDIDIKAN

TK
SD
SMP
SMA
SMK

: 021 8831-203
: 021 8833-7004
: 021 8832-1346
: 021 8833-5907
: 021 8830-041

MAP LOKASI

MEDIA SOSIAL

Follow us & get in touch.

 

QUICK LINKS :

- News & Events

- Sumber Belajar

- BSM

- PPDB