Teknologi Informasi

“PENTINGNYA PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM RANGKA PENINGKATAN KWALITAS PENDIDIKAN DI LINGKUNGAN ALMUSLIM”

Oleh : Musa, S. Kom.

Setiap sekolah pasti berkeinginan menjadi sekolah yang unggulan, dengan keunggulan itulah sekolah akan menjadi pilihan dan daya tarik agar dapat bersaing dengan sekolah-sekolah yang lain yang akhirnya akan menjadi pilihan utama dari semua orang yang ingin memasukan anaknya ke sekolah tersebut, yang jadi pertanyaan keunggulan apa yang harus dimunculkan agar menjadi sekolah yang berkwalitas tentu harus ada indikator-indikator yang menjadikan sekolah itu unggul seperti, mutu pendikan yang dihasilkan, fasilitas yang disedikan, dan juga lebih penting lagi adalah rasa kepuasan konsumen terhadap sekolah tersebut. Bicara mengenai keunggulan itulah maka dalam rangka menjadikan sekolah unggul di Yayasan Al Muslim adalah peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai ciri khas kurikulum unggulan yang ada di Lingkungan Al Muslim.

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memuat semua teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi. Penanganan ini meliputi pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Jadi, TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

 Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi tersusun dari 3 (tiga) kata yang masing-masing memiliki arti sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sering menggambarkan penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik.

Kata kedua dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi, erat kaitannya dengan data. Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi diantara keduanya.

Jadi dapat di sumpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.

Guru merupakan motor penggerak didalam pelaksanaan pembelajaran disekolah sedangkan TIK dapat membantu semua tugas guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar didalam kelas maupun diluar kelas. Oleh karena itu penguasaan Tehnologi Informasi dan Komunikasi dalam dunia pendidikan sangat diperlukan sehingga guru bisa mengoperasionalkan dan menguasai TIK sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru.

Didalam pemanfaatan TIK tidak mengganggu pembentukan karakter peserta didik, melainkan justru mendukungnya. Mengapa? Karena tidak ada gunanya mendidik anak menjadi sangat pintar tetapi karakternya buruk dan/atau lemah sehingga justru dengan kepandaiannya tersebut kelak mereka akan membuat kerusakan atau menimbulkan kerugian, baik bagi diri sendiri, bagi masyarakat, maupun bagi bangsa. Oleh sebab itu, pemanfaatan TIK dalam pendidikan perlu dirancang, direncanakan, dilaksanakan, dan dinilai dalam rangka mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya seperti diuraikan di atas. Merancang Pemanfaatan TIK untuk Mendukung Pelaksanaan Fungsi dan Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional serta sebagai peningkatan keprofesionalan guru dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya agar lancar efektif dan efisien.

Dari uraian-uraian di atas dalam rangka mewujudkan sekolah unggul maka di bentuklah satuan tugas dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan yang kaitan dengan TIk yatu gugu TIK, dimana gugus TIK membawai beberapa guru mata pelajaran TIK di semua Level di lingkungan Al Muslim yang tugas utamanya adalah mengembangkan kurikulum dan membuat terobosan-terobosan baru dalam rangka peningkatan kwalitas pendidikan  yang ada di lingkungan Al Muslim. Adapun  anggota TIM MGMP guru gugus TIK terdiri dari : Musa, S.Kom, Wahidin, S.Kom, Yusuf, S.Kom, Sri Sulastri, S.Kom, Sri Andriyani, M.Pd, Fatmalini, S.AK, Indriati Pranoto, ST.

Untuk program-program kami kedepan pada tahun Pelajaran 2015-2016 adalah :

  1. Mendorong kegiatan pembelajaran TIK menjadi efektif dan efisien
  2. Menyusun materi dan target-target pembelajaran
  3. Membuat dan mengadakan pelatihan-pelatihan media pembelajaran pada semua guru di lingkungan Al Muslim
  4. Diskusi rutin dengan anggota gugus
  5. Bedah buku
  6. Membuat e-learning yang dapat diakses bagi semua guru dan siswa di lingkungan Al Muslim
BSM

HUBUNGI KAMI

YAYASAN AL MUSLIM TAMBUN
Jl. Raya Setu Kp. Bahagia Kabupaten Bekasi 17510

Telepon
Fax
SMS
Email

: 021 8836-2227, 021 8832-9822
: 021 8831-167
: 0857-7459-7728
:

SATUAN PENDIDIKAN

TK
SD
SMP
SMA
SMK

: 021 8831-203
: 021 8833-7004
: 021 8832-1346
: 021 8833-5907
: 021 8830-041

MAP LOKASI

MEDIA SOSIAL

Follow us & get in touch.

 

QUICK LINKS :

- News & Events

- Sumber Belajar

- BSM

- PPDB